Kamis, 07 November 2013

Menjaga Kesehatan Gigi

Untuk kesehatan, anak dianjurkan mengkonsumsi makanan bervariasi dengan gizi tinggi. Misalnya sayur, buah segar, kacang-kacangan, susu, serta produk dari susu. Usahakan untuk menghindari gigi berkontak secara terus-menerus dengan makanan tinggi gula.

Yang perlu diingat selalu:

- Hindari makanan lunak, lengket, manis yang mudah menempel pada permukaan gigi dan di sela-sela gigi. Misalnya permen dan manisan buah-buahan. Makanan lunak akan lebih lama menempel pada permukaan gigi. Kondisi ini akan menghasilkan asam yang lebih banyak pula, sehingga mempertinggi risiko terkena karies gigi.

- Hindari terlalu sering ngemil. Ini akan membuat saliva di dalam rongga mulut tetap dalam suasana asam. Akibatnya, anak rentan terhadap serangan karies.

- Jangan menghindari makanan sehat. Yang penting adalah menyikat gigi setelah makan. Sebaiknya berikan makanan manis bersamaan dengan makan utama. Peningkatan jumlah aliran saliva selama pengunyahan akan mampu menetralkan efek gula.


Berikut adalah jenis makanan ringan:

    > Contoh Makanan Rendah Gula dan Bergizi Tinggi:

Popcorn, Sayur-mayur, Buah-buahan, Kacang dan biji-bijian, Daging, Keju, Pizza

    > Contoh Makanan Tinggi Gula dan Bergizi Tinggi:

Kismis, Buah-buahan yang dikeringkan, Es krim, Puding, Susu Cokelat, Kulit buah (apel)

    > Contoh Makanan Rendah Gula dan Bergizi Rendah:

Kue tar, Selai, Es Loli, Kue kering, Permen, Permen Cokelat

Jadi, dari sekarang hindarilah makanan serta faktor-faktor yang bisa menambah penyakit jantung anda walaupun agak berat melakukan nya dari pada berat menahan sakitnya. Terutama beberapa poin di atas. Sekian Tips Menjaga Kesehatan Jantung, semoga dengan tulisan ini kami bisa membantu anda.

Mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan karna kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT dan Andra n Backbone, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar